PENDAHULUAN PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER
Seiring perkembangan teknologi informasi maupun teknik-teknik pendidikan dan pembelajaran yang telah berkembang dengan pesat dari waktu ke waktu, penggabungan ini melahirkan berbagai inovasi serta kreatifitas yang melahirkan pembelajaran berbantuan komputer dengan beragam mode.
Dulu pembelajaran berbantuan komputer, orang sering menganggap pembelajaran seperti ini hanya dilakukan seseorang (atau kelompok kecil) berinteraksi dua arah dengan komputer saja, sehingga seringkali dianggap individualistis dan tidak bersosialisasi dengan orang lain dan hanya berkomunikasi dengan mesin (komputer).
Sekarang ini aggapan seperti diatas perlu mendapat koreksi. Pembelajaran berbantuan komputer bukan hanya secara individual (interaksi orang dengan mesin). Sebab bisa jadi berhubungan dengan banyak orang melalui jaringan komputer lokal mau pun jaringan komputer global yang sering disebut “Internet”. Sehingga sekarang interaksi pembelajaran berbantuan komputer bisa jadi orang (si belajar) ↔ komputer ↔ komputer server (atau Internet) ↔ komputer ↔ orang lain. Dan untuk yang terakhir ini, khususnya belajar melalui Internet seringkali disebut "e-Learning".
Dan pada masa yang akan datang perkembangan pembelajaran berbantuan komputer diharapkan dengan teknik-teknik yang lebih maju dengan menyediakan berbagai alternatif pembelajaran melalui interface multimedia yang interaktif. Misalnya, expert system, robotika, learning yang berkaitan program yang dapat belajar dari kesalahan (ICAI), Virtual Reality dan sebagainya yang online (tersedia secara terus-menerus) di server jaringan komputer global yang setiap waktu selalu di-update baik program software-nya mau pun database-nya.
Sebenarnya beberapa dekade lalu para pendidik dan pelaku bisnis mengetahui atau pernah mendengar mengenai kemampuan potensial dari pembelajaran berbantuan komputer. Hanya saja tumbuhnya kesadaran untuk lebih mengeksploitasi dan mengoptimalkan pemanfaatannya baru terjadi belakangan ini.
Penerobosan pembelajaran berbantuan komputer ke dalam ruang-ruang kelas secara dramatis telah mengubah karakteristik hubungan antara pengajar dan si belajar. Sebelumnya pengajar dianggap sebagai pemimpin yang mahatahu kini lebih bersifat sebagai pemandu dalam "infosfer" (atmosfer info) yang baru. Bahan-bahan pendidikan kini tak cuma bersumber dari buku-buku teks yang kaku, tetapi juga dari software-software dan informasi dari Internet yang bisa disesuaikan. Informasi jadi makin mudah diakses dan user (si belajar) tinggal memilih dan mengambil setiap informasi yang diinginkan.
Seiring perkembangan teknologi informasi maupun teknik-teknik pendidikan dan pembelajaran yang telah berkembang dengan pesat dari waktu ke waktu, penggabungan ini melahirkan berbagai inovasi serta kreatifitas yang melahirkan pembelajaran berbantuan komputer dengan beragam mode.
Dulu pembelajaran berbantuan komputer, orang sering menganggap pembelajaran seperti ini hanya dilakukan seseorang (atau kelompok kecil) berinteraksi dua arah dengan komputer saja, sehingga seringkali dianggap individualistis dan tidak bersosialisasi dengan orang lain dan hanya berkomunikasi dengan mesin (komputer).
Sekarang ini aggapan seperti diatas perlu mendapat koreksi. Pembelajaran berbantuan komputer bukan hanya secara individual (interaksi orang dengan mesin). Sebab bisa jadi berhubungan dengan banyak orang melalui jaringan komputer lokal mau pun jaringan komputer global yang sering disebut “Internet”. Sehingga sekarang interaksi pembelajaran berbantuan komputer bisa jadi orang (si belajar) ↔ komputer ↔ komputer server (atau Internet) ↔ komputer ↔ orang lain. Dan untuk yang terakhir ini, khususnya belajar melalui Internet seringkali disebut "e-Learning".
Dan pada masa yang akan datang perkembangan pembelajaran berbantuan komputer diharapkan dengan teknik-teknik yang lebih maju dengan menyediakan berbagai alternatif pembelajaran melalui interface multimedia yang interaktif. Misalnya, expert system, robotika, learning yang berkaitan program yang dapat belajar dari kesalahan (ICAI), Virtual Reality dan sebagainya yang online (tersedia secara terus-menerus) di server jaringan komputer global yang setiap waktu selalu di-update baik program software-nya mau pun database-nya.
Sebenarnya beberapa dekade lalu para pendidik dan pelaku bisnis mengetahui atau pernah mendengar mengenai kemampuan potensial dari pembelajaran berbantuan komputer. Hanya saja tumbuhnya kesadaran untuk lebih mengeksploitasi dan mengoptimalkan pemanfaatannya baru terjadi belakangan ini.
Penerobosan pembelajaran berbantuan komputer ke dalam ruang-ruang kelas secara dramatis telah mengubah karakteristik hubungan antara pengajar dan si belajar. Sebelumnya pengajar dianggap sebagai pemimpin yang mahatahu kini lebih bersifat sebagai pemandu dalam "infosfer" (atmosfer info) yang baru. Bahan-bahan pendidikan kini tak cuma bersumber dari buku-buku teks yang kaku, tetapi juga dari software-software dan informasi dari Internet yang bisa disesuaikan. Informasi jadi makin mudah diakses dan user (si belajar) tinggal memilih dan mengambil setiap informasi yang diinginkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Hai semuanya ...
Terima kasih membaca post saya.
Saya senang sekali bila Anda memberi komentar pada post ini.
Hi All..
thanks for reading my post.
i would be glad if you give me a comment about this post.
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.